Sabtu, Mei 28, 2011

LPJ Ketua BPW Oi Jawa Timur 2009-2011


Kepada
Yth : Delegasi Peserta Muswil II Oi Jawa Timur


Assalamu ‘Alaikum Wr Wb
Salam Oi … Bersatulah !!!
Salam silaturrahim, semoga Nur Rahmat Hidyyah Inyyah Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan semesta Alam senantiasa menyertai amal kehidupan dan aktifitas kita semua. Amin
Berjamaah menyebut asma Allah sehingga atas rasa saling asah saling asih saling asuh ini kita mampu mengumpulkan jiwa – jiwa kita dalam renungan pengharapan yang berbeda untuk berdikarinya dan kemajuan Oi dan satu bendera Indonesia.
Tidak ada kalimat yang pantas saya lewatkan pada kesempatan ini selain ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya dan permohonan maaf yang sedalam – dalamnya kepada seluruh anggota ormas Oi di Jawa Timur yang kini terwakilkan oleh delegasi dan utusan – utusan Musyawarah Wilayah II Oi Jawa Timur atas kehadirannya dan penerimaan keadaan yang serba terbatas, semoga tidak mengurangi hikmah dan tujuan pengharapan mulia ini.
Sahabat, rekan Oi yang saya hormati.
Mengingat kembali berdirinya sebuah kepengurusan ormas Oi ditingkat propinsi di Jawa Timur yang secara kelembagaan disebut sebagai Badan Pengurs Wilayah Oi Jawa Timur ini, Lahir pada tanggal 28 Desember 2009 tepatnya diujung serangkaian acara Musyawarah Wilayah ormas Oi yang ke-1 di Hotel Asia Jaya Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur merupakan sebuah cikal bakal perjuangan dari kehendak Oi yang tersebar diseluruh kabupaten di Jawa Timur ini tentunya merupakan hasil dari buah komunikasi yang baik dan berkesinambungan.
Pada Hari ini Jum’at 27 Mei 2011 keberadaan kami didalam kepengurusan Oi ditimngkat Propinsi Jawa Timur telah berusia kurang lebih 849 hari atau 20.376 Jam atau 1. 222. 560 Menit. Atau 73.353.600 Detik Begitu panjang dan lama waktu kami berada dalam sebuah periode kepengurusan organisasi namun saya pribadi mewakili seluruh jajaran Badan Pengurus Wilayah Oi Jawa Timur merasakan sebuah tamparan yang begitu besar karena selama kurun waktu diatas kami belum bisa berbuat banyak dan belum mampu memberikan dampak – dampak yang dapat terlihat dan dipegang secara nyata dari harapan Oi yang tertuang didalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Oi.
Dengan mendasar hal tersebut diatas maka kami tidak akan lelah untuk menghaturkan permohonan maaf yang sebesar – besarnya atas kekhilafan, kelalaian kami yang mana roda kepengurusan BPW Oi Jawa Timur selama periode 2009 – 2011 tidak bisa dan bahkan tidak berjalan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya. Kami sampaikan bahwa hal ini terjadi karena masih belum terjalinnya sinergitas dan komunikasi yang menguasai sehingga kami lemah dalam menghadapi tuntutan tanggung jawab secara keorganisasian ditubuh kami.
Pokok Pokok Program BPW Oi Jawa Timur 2009 – 2011
Bahwa pada prinsipnya pokok program kerja Badan Pengurus Wilayah Oi Jawa Timur periode 2009 – 2011 telah amanahkan secara representatif usulan Oi Jawa Timur dalam Ketputusan Rekomendasi Musyawarah Wilayah (Muswil) 1 Oi Jawa Timur yang diselenggarakan pada 26 – 28 Desember 2008 di Hotel telaga Sarangan Magetan. Diantara pokok program kerja sebagaimana tersebut diatas adalah :
1. Penertiban administrasi ditingkat BPK – BPK Oi Jawa Timur sebagai berntuk legalitas ormas Oi (Komisi Keorganisasian)
2. Mendirikan lembaga ekternal Oi (Komisi Rekomendasi)
3. Begening posision dengan pemerintah (Komisi Rekomendasi)
4. Mengadakan kegiatan pembinaan (Komisi Pogram)
Sahabat, rekan Oi Jawa Timur yang kami hormati.
Pada hakekatnya sebuah badan/ tubuh yang baru merupakan perjuangan dari yang semula tidak ada dan menjadi ada, oleh sebab itu kami hanya mampu menghantarkan ormas Oi di Jawa Timur yang pada mulanya tidak terdapat lembaga yang menjadi garis kordinatif antara Oi ditingkat Kabupaten maupun Kelompok dengan kepengurusan tinggi ditingkat Pusat.
Maka sebagai permulaan garis perjuangan kami dalam melaksanakan amanah organisasi ditingkat propinsi adalah melegalkan / meresmikan wadah – wadah Oi kota/ kabupaten di Jawa Timur sesuai dengan prosedur dan system administrasi ormas Oi yang berlaku, serta membantu mendirikan kelembagaan/ badan – badan pengurus Oi di kota/ Kabupaten yang sebelumnya tidak ada kepengurusan legalnya.
Dalam penghujung masa bhakti Badan Pengurus Wilayah Oi Jawa Timur ini ditandai dengan pelaksanaan Musyawarah Wilayah ke-2 Oi Jawa Timur ini saya sampaikan dengan dengan kalimat dan bentuk sederhana sebagai untaian Laporan Pertanggung Jawaban Badan Pengurus Wilayah Oi Jawa Timur periode 2009 – 2011 yang tentunya masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan dengan harapan kegagalan perjuangan kami akan disambut oleh keberhasilan sebuah perjalanan kepemimpinan BPW Oi Jawa Timur yang akan datang
Keorganisasian Oi Jawa Timur
Sebagaimana didalam Akta Notaris pendirian, Oi merupakan sebuah organisasi, kelembagaan yang berbentuk perkumpulan dengan memiliki Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga serta Peraturan – Peraturan ormas Oi, sehingga segala bentuk pelaksanaan aplikasi dilapangan, maupun sehari – hari dalam konteks Oi maka seharusnya lebih mengedepankan pola komunikasi secara keorganisasian bukan halnya sebuah komunitas / club yang tidak dilindungi Undang – undang Negara.
Sebagaimana yang terjadi dan muncul adalah masih minimnya pemahaman oleh warga oi dalam upaya menerima dan menerapkan prilaku komunikasi dan pengambilan kebijakan maupun upaya menunaikan kewajiban dengan berpedoman pada dasar dasar pedoman Oi.
Administrasi Keorganisasian Oi Jawa Timur
Ketika pemaknaan kalimat “Merawat lebih sulit daripada melahirkan” ini terucap maka kami sampaikan bahwa sebagai badan yang menjadi lintas pelaksana kebijakan dari ketentuan dan peraturan Oi ini, dalam satu periode telah melegalkan dan atau merekomendasikan 23 Badan Pengurus tingkat Kota/ Kabupaten yang tersebar di Jawa Timur.
Namun sebagaimana kalimat diatas begitu mudah mendirikan sebuah badan di dalam organisasi ternyata perlu kita cermati pula begitu sulit mempertahankan loyalitas dan eksistensi sebuah kepengurusan yang telah dilegalkan dengan sebuah keputusan.
Oleh sebab itu berbagai langkah dan strategi sederhana telah kami lakukan agar kiranya berapapun badan yang sudah berdiri akan tetap berdiri dan tumbuh kembang menjalar ke akar dengan bhukti organisasi yang riil dan autentik bukan sekedar tipuan informasi saja, sehingga kedepan mari kita sama – sama berbenah dengan mengedepankan intropeksi diri sebagai kader ormas Oi yang hanya menggunakan cerminnya ormas Oi, bukan cermin dan pokok – pokok landasan lainnya. Dengan demikian tentunya akan membuka hati dan cakrawala pikir kita untuk menyehatkan organisasi Oi.
Oi Kedepan… Sehat Keorganisasian, Sehat Managemen, Sehat Tujuannya, Selamat Pencapaiannya.
Keorganisasi Oi di Jawa Timur yang dikordinasikan oleh Badan Pengurus Wilayah Oi Jawa Timur merupakan sebuah langkah awal untuk menerapkan system keorganisasian yang baik dan benar seuai dengan prosedur dan perturan yang telah ditentukan, Sehingga dapat kami simpulkan masih banyak ditemukan kelemahan dalam segi administrsi Oi yang seharusnya bisa ditertibkan secara komando dari tingkat BPW, BPK, BPKel hingga ke individu anggota Oi .
Lemahnya keberhasilan dalam aspek administrasi keorganisasian Oi dapat dilihat dari kesadaran masing2 pengurus yang mengabaikan sebuah pentingnya data base. Sehingga dari 23 Badan Pengurus BPK Oi di Jawa Timur baru 13 BPK yang secara gradual melakukan upaya komunikasi administrasi keorganisasian Oi dengan BPW Oi Jawa Timur sebagaimana penerimaan data – data BPK yang diterima oleh BPW Oi Jawa Timur sebagai bentuk laporan periodik.
Oi Jawa Timur Dalam Kepedulian Sosial Kemasyarakatan
Secara makro dapat kita lihat begitu nampak fungsi dan peran Oi sebagai organisasi social kemasyarakatan dalam mewadahi dan membina berbagai naluri potensi baik ini memberikan peranan ditengah – tengah kehidupan masyarakat, sebagaimana dengan aktifnya warga Oi diberbagai daerah di Jawa Timur yang sigap menanggapi tragedi –tragedi kemanusiaan baik bencana, perjuangan kasus – kasus masyarakat maupun kegiatan – kegiatan apresiasi seni dan lainnya sebagai upaya menggali potensi generasi.
Seperti adanya peningkatan kapabilitas dan militansi yang tinggi juga dapat dicontohkan sepertihalnya kegiatan monitoring yang telah dilakukan ormas Oi di beberapak kota / kabupaten yang memposisikan Oi sebagai ormas pendamping masyarakat ekonomi lemah atau miskin terhadap prilaku kebijakan pemerintah yang tidak sehat dan merugikan kesejahteraan masyarakat miskin.
Tentunya hal tersebut diatas tidak lepas dari peranan Pengurus Oi yang ada ditingkat Kota/ Kabupaten maupun Kelompok yang selama ini menjalin hubungan baik dengan Pemerintah sebagai Pelindung keberadasan Ormas Oi di tiap daerah seperti halnya kesadaran tiap- tiap badan pengurus untuk melengkapi data administrative ormas Oi ke Bakesbanglinmas maupun intansi terkait lainnya.
Berbagai keadaan kurang atau lebihnya keberhasilan diatas tentunya bukan berarti menggambarkan sebuah kondisi masing – masing Oi diseluruh wilayah Jawa Timur melainkan koreksi kecil atas kegagalan BPW yang tidak baik dalam mengemban fungsi dan tanggung jawab sebagaimana jabatan – jabatan yang kami terima.
Sahabat, rekan Oi Jawa Timur yang kami hormati
Demikian uraian diatas kami sampaikan Laporan pertanggung Jawaban kami dan kiranya dapat menjadikan bahan – bahan evaluasi kepengurusan dimasa yang akan datang untuk lebih mampu dan kondusif membawa Oi Jawa Timur kegerbang kesuksesan. Semoga Seruan Oi … Bersatulah!!! bukan sekedar kata tanpa makna dan nyata. Tiada keberhasilan tanpa kalimat kegagalan.
Kami atas nama Badan Pengurus Wilayah Oi Jawa Timur periode 2009 – 2011 mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya atas saran, kritik dan nasehat kepada kami selama menjalankan amanah kepercayaan sebagai pengurus Wilayah Oi Jawa Timur, serta permohonan maaf atas segala prilaku dan keadaan kekurangan kami baik disengaja maupun tidak sengaja telah melukai rasa kenyamanan, tentunya hal demikian mari kita sadari sebagai fitrah diri subyek makhluk yang disertai dengan sifat lalai dan lupa.
Selamat dan Sukses Musyawarah Wilayah ke-II Oi Jawa Timur, sebagai ajang silaturrahmi dan merefleksikan komunikasi – komunikasi keorganisasian Oi. Dengan harapan akan menghasilkan keputusan keputusan yang bermashlahah untuk kemajuan Oi di Jawa Timur khususnya, dan memberikan sumbang sih pada masyarakat sebagai pelaksanaan amanah organisasi dengan baik dan benar.

Wallahul Muwaffiq Ilaa Aqwamit Thariq
Wassalamu ‘Alaikum Wr Wb
Magetan, 27 Mei 2011
Atas Nama BPW Oi Jawa Timur
Periode 2009 - 2011


SIFAUL ANAM, S.PdI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buktikan...Buktikan...Itu yang dinanti-nanti